August 29, 2013

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Laurencius. Bawang putih (Allium sativum L) adalah jenis tanaman dari keluarga genus Allium, yang berbetuk umbi-umbian. Umumnya bawang putih digunakan sebagai bahan campuran dalam memasak.

manfaat-bawang-putih
Bawang putih berasa pedas, getir. Ketika dikunyah, pedas dan getir bawang putih sangat berasa di lidah, sehingga jengah rasanya memakan bawang putih mentah.

Beberapa Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan :
  1. Pencegah kanker, bawang putih mengandung antioksidan bermanfaat untuk mencegah kanker. 
  2. Mengatasi penuaan dini, antioksidan dalam bawang putih berperan untuk mengantisipasi racun dalam tubuh yang memicu terjadinya penuaan dini.
  3. Sebagai sistem kekebalan tubuh, antioksidan dalam bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri selain itu kandungan vitamin B6, vitamin C, mineral selenium dan mangan juga berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Mengatasi Flu, bawang putih berperan sebagai ekspektoran dan dekongestan yang berfungsi untuk mengatasi flu.
  5. Anti peradangan, dengan mengunyah bawang putih dapat mengatasi peradangan di tenggorokan seperti sakit tenggorokan .
  6. Melancarkan peredaran darah, mengunyah bawang putih juga dapat melancarkan peredaran darah serta melancarkan penyumbatan pada pembuluh darah [health]
  7. Meringankan efek racun arsenic, jika keracunan arsenic atau merkuri dapat mengunyah bawang putih untuk pertolongan pertama setelah itu bawa ke rumah sakit utuk penanganan selanjutnya.
  8. Mengatasi gangguan infeksi pencernaan, jika mengalami infeksi pencernaan bawang putih dapat digunakan dengan mencampurkannya ke dalam salad karena bawang putih merupakan anti bakteri.
  9. Antimikroba, kandungan anti mikroba terhadap jamur, bakteri, virus dan parasit dalam bawang putih sangat membantu untuk mengobati penyakit seperti bronkhitis, asma, sakit gigi, radang, gigitan serangga serta infeksi lainnya.
  10. Mengatasi kanker usus, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih juga bisa menurunkan kanker usus selain itu dapat juga mencegah resiko terkena kanker lambung dan prostat.
  11. Mengontrol gula darah, bawang putih juga dapat digunakan untuk mereka yang mengalami diabetes karena dapat berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah.
  12. Mengontrol berat badan, zat Allicin dalam kandungan bawang putih sangat bermanfaat untuk mengontrol dan mencegah kenaikan berat badan sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalankan diet.
  13. Menurunkan tekanan darah, untuk mereka yang menderita penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi, dengan makan bawang putih dapat berfungsi menurunkan tekanan darah.
  14. Mencegah Arteriosclerosis, dengan sering makan bawang putih akan mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke.
  15. Mengatasi impotensi, bawang putih sangat baik untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga dapat mengatasi gangguan impotensi.
Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih, disarankan mengkonsumsi bawang putih mentah 2-3 gram 2-3 kali sehari, dapat dilakukan saat makan nasi.

Tak perlu takut baunya. Sebab, bau bawang putih di mulut bisa dihilangkan dengan meminum teh kental atau memakan mentimun. Bawang putih dalam bentuk kapsul sudah tersedia di berbagai apotek. 

Related Posts

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh :

2 comments

Banyak kang manfaatnya :D

@cak oni
Kalau dipaparkan semua banyak sekali Teman.