April 25, 2013

Virus Flu Burung H7N9 Lebih Mudah Menular Dari Unggas ke Manusia Daripada H5N1

Virus Flu Burung H7N9 Lebih Mudah Menular Dari Unggas ke Manusia Daripada H5N1. Virus flu burung H7N9 yang mewabah di China, dikatakan para ilmuwan lebih mudah menulari manusia lewat unggas daripada virus flu burung sebelumnya H5N1 yang muncul pada tahun 2003 silam.

virus-flu-burung-H7N9

Keiji Fukuda asisten direktur WHO untuk jaminan kesehatan mengatakan, pada saat ini, belum cukup bukti bahwa virus itu dapat menular antar manusia dengan mudah. "Ketika kami mempelajari virus influenza, ini adalah virus yang sangat berbahaya bagi manusia. Berdasarkan bukti yang kami temukan, virus ini lebih mudah menular dari unggas ke manusia daripada H5N1," paparnya.

WHO dan para pejabat kesehatan China menekankan bahwa upaya untuk memahami jenis flu baru ini masih berada pada tahap awal. Para ahli kesehatan kini sedang meneliti karakteristik dan kapasitas virus untuk menjangkiti manusia.

Selain itu, tentang kapasitas virus menginfeksi unggas tanpa memperlihatkan gejala penyakit. Hal ini kata Fukuda, mempersulit pendeteksian. "Ini benar-benar salah satu virus influenza yang paling mematikan sejauh ini," ujarnya.

Flu burung akibat virus H7N9 di China hingga Selasa (23/4) telah mencapai 109 kasus. 20 korban di antaranya tewas. korban H7N9 mayoritas tak memiliki kontak dekat dengan unggas, sehingga para ahli melihat hal ini masih sebagai misteri.


H5N1 diperkirakan membunuh 60 orang dari tiap 100 orang yang terinfeksi. Mayoritas korbannya adalah orang yang kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi. [Reuters/AP/Metro.VOA]

Related Posts

Virus Flu Burung H7N9 Lebih Mudah Menular Dari Unggas ke Manusia Daripada H5N1
4/ 5
Oleh :