February 7, 2013

Tentang Penyakit Kuning, Hepatitis atau Penyakit Liver

Image-anatomi-hati
Tentang Penyakit Kuning, Hepatitis atau Penyakit Liver. Penyakit kuning atau penyakit Hepatitis adalah penyakit yang menyerang salah satu organ penting dalam tubuh kita yaitu organ hati. 

Penyakit Hepatitis atau penyakit kuning atau juga disebut penyakit liver ini adalah peradangan yang menyerang organ tubuh yang disebut dengan hati ataupun liver.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit kuning disebabkan oleh peradangan hati dan tidak semua peradangan hati menyebabkan penyakit kuning.

Penyakit radang hati ini yang paling populer adalah diberi nama hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E. 

Walaupun virus tersebut dapat menghasilkan gejala yang mirip dan memiliki efek yang sama, masing-masing memiliki keunikan dalam cara penularan dan dampaknya terhadap kesehatan.

Hepatitis biasanya digolongkan dalam dua istilah akut dan kronis. Penyakit akut mempengaruhi seseorang untuk waktu yang singkat dan bisa sembuh dalam beberapa minggu tanpa efek berkelanjutan. Penyakit kronis berlangsung lama, kadang-kadang seumur hidup seseorang.

Peradangan pada sel hati dapat menyebabkan kerusakan sel-sel, jaringan, bahkan semua bagian dari organ hati (liver). Jika semua bagian organ hati (liver) telah mengalami kerusakan maka akan terjadi gagal hati (liver) yang menyebabkan kematian.

Meskipun saat ini telah ada teknologi pencangkokan/transplantasi organ hati (liver) untuk mengganti organ hati (liver) yang telah tidak berfungsi, tetapi selain biayanya sangat mahal, kesuksesan pencangkokan hati hingga saat ini masih sangat kecil persentasenya.[carapedia,doktersehat]

Related Posts

Tentang Penyakit Kuning, Hepatitis atau Penyakit Liver
4/ 5
Oleh :