February 4, 2013

Cara Menangani Keseleo atau Terkilir

keseleo-Atau-Terkilir
Cara Menangani Keseleo atau Terkilir. Keseleo atau terkilir adalah cedera berupa peregangan atau robekan pada otot, tendon (jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang) atau ligamen (jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya). 

Biasanya kejadian ini bisa terjadi saat adanya aktifitas fisik yang berat atau saat sedang kita Olahraga.

Sebagai contoh bila terkilir atau keseleo pada pergelangan kaki keluhan yang muncul antara lain : nyeri, bengkak, memar, dingin atau mati rasa di kaki, ketidakmampuan untuk berjalan atau menanggung berat pada sendi.

Berat ringannya keseleo pergelangan kaki tergantung pada seberapa parah ligamen yang mengalami regangan dan atau robekan. Jika keseleo ringan, gejalanya yang muncul mungkin hanya sedikit rasa sakit atau bengkak dan ligamen masih dapat diregangkan.

Jika keseleo parah, adanya bagian ligamen yang mengalami robek dan atau putus, nyeri hebat dan terjadi pembengkakan. Jika mengalami keseleo atau terkilir penanganan awal yang dapat dilakukan sendiri di rumah sebelum berobat ke dokter adalah sebagai berikut,

Cara Menangani Keseleo atau Terkilir :

  1. Mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami keseleo 
  2. Berikan kompres dingin pada daerah yang mengalami keseleo. Kompres dingin dapat menggunakan air es. Kompres dilakukan sampai 2x24 jam 
  3. Bungkus daerah yang terkilir dengan perban elastic. Tujuannya untuk mengurang pergerakan daerah yang mengalami cidera atau terkilir dan juga mencegah terjadinya pembengkaan hal ini dapat dilakukan 2 hari sampai 1 minggu. Pembungkusan dilakukan dengan rapi dan jangan terlalu kuat
  4. Memposisikan daerah yang mengalami cidera lebih tinggi dari jantung. Tujuannya untuk mengurangi pembengkakan.
Selain langkah diatas dapat juga diberikan obat-obatan pereda nyeri.Bila keadaan belum membaik segera bawa ke dokter atau rumah sakit untuk penanganan lanjutan.

Cara mencegah terkilir atau keseleo :
  1. Melakukan peregangan otot sebelum melakukan aktifitas. 
  2. Gunakan pelindung atau pembalut sendi elastis saat melakukan aktivitas fisik yang kuat. 
  3. Olahraga secara teratur. 
  4. Jangan berolahraga jika tubuh terasa lelah.  
  5. Gunakan sepatu yang cocok saat berolahraga.
Jika diperlukan bisa jugamenggunakan obat pengurang rasa sakit. Untuk keseleo berat dimana terjadi robekan berat pada otot atau ligamen mungkin diperlukan tindakan pembedahan.

Related Posts

Cara Menangani Keseleo atau Terkilir
4/ 5
Oleh :

3 comments