February 9, 2013

Penyakit Flu babi atau Swine Flu Virus H1N1

Penyakit-Flu-Babi-Swine-Flu-H1N
Penyakit Flu babi atau Swine Flu Virus H1N1. Tidak ada kata terlambat dalam hal pengetahuan, meskipun Pandemi ini sudah cukup lama terjadi namun kita perlu juga untuk mengetahui apasih yang namanya Penyakit Flu babi atau Swine Flu serta Virus H1N1 itu.

Flu babi Inggrisnya Swine influenza atau Swine Flu adalah kasus influenza yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi.

Flu babi pertama kali diisolasi dari seekor babi yang terinfeksi pada tahun 1930 di Amerika Serikat. Pada perkembangannya, penyakit ini dapat berpindah ke manusia terutama menyerang mereka yang kontak dekat dengan babi. 

Penyakit Flu babi atau Swine Flu merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini sebenarnya biasa menyerang ternak babi, namun virus ini telah mengalami perubahan dan mampu membuat manusia juga terinfeksi. Gejala yang timbul pada manusia pun mirip dengan apa yang terjadi pada babi.

Pandemi 2009 H1N1 tidak hanya zoonosis flu babi, virus ditularkan dari hewan ke manusia, namun sudah ditularkan dari manusia ke manusia. Untuk membedakan flu babi hewan umum dari flu babi pada manusia, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyebutnya dengan influenza H1N1 atau H1N1 influenza.

Virus H1N1 sudah menewaskan lebih dari ribuan nyawa selama pandemi di tahun 2009. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pandemi influenza H1N1 karena kejadian tersebut sudah menyerang dibanyak tempat.


Varian baru ini pertama kali menyerang manusia di Meksiko pada awal tahun 2009-an. Varian baru inilah yang sekarang dikenal dengan nama Virus H1N1 yang merupakan singkatan dari dua antigen utama virus yaitu Hemagglutinin tipe 1 dan Neuraminidase tipe 1[h1n1,wikipedia]

Related Posts

Penyakit Flu babi atau Swine Flu Virus H1N1
4/ 5
Oleh :

2 comments

Flu babi sama flu burung sama berbahayanya bila menular ke manusia

@Ferry Nurse
Benar sekali teman, harus selalu waspada