February 8, 2013

Misteri Jejak Makam Raja Richard III Terkuak

Misteri Jejak Makam Raja Richard III Terkuak. Richard III lahir 2 Oktober 1452 – meninggal 22 Agustus 1485 pada umur 32 tahun adalah Raja Inggris yang berkuasa selama dua tahun saja, dari tahun 1483 sampai pada tahun 1485 saat Pertempuran Bosworth.

Lukisan-Raja-Richard-III
Lukisan yang menggambarkan Rupa Raja Richard III
Dia adalah raja terakhir dari Wangsa York dan terakhir dari Wangsa Plantagenet. Kekalahannya pada Pertempuran Bosworth merupakan perang kepastian dari Perang Mawar dan kadang dianggap sebagai akhir dari abad pertengahan di Inggris[wikipedia].

Selama ini lokasi untuk Makam Raja Richard III menjadi misteri, hingga pada tahun 2012 dibentuklah sebuah tim untuk menelusuri lokasi kuburan sang raja.

Menurut kisah turun-temurun, jenazah Richard III dibawa ke daerah Leicester, sekitar 160 kilometer sebelah utara London. Hingga sebelum penemuan rangka tengkorak, tak ada satu pun yang berhasil menemukan jasad Richard III ini.

Misteri-Makam-Raja-Richard-III-Terkuak_1
Foto memperlihatkan temuan rangka tubuh Raja Richard III. Foto dibuat University of Leicester, Inggris dan dirilis 4 Februari 2013.
Pada September, arkeolog dari University of Leicester menemukan jejak dan merujuk pada tempat permakaman Richard III. Jasadnya diduga bersemayam di bawah lahan parkir di Leicester, Inggris tengah.

Sepekan setelah memulai penggalian, mereka menemukan tengkorak serta peninggalan biara abad pertengahan. Penemuan ini memperkuat harapan bahwa tengkorak tersebut adalah jasad Richard III.

Tes menunjukkan jasad itu adalah seorang lelaki yang dahulu tewas akibat satu atau dua luka pada tengkorak. Hasil tes sesuai dengan kisah turun-temurun bahwa Richard III terbunuh dalam peperangan, akibat tebasan pedang atau kapak.

Tengkorak juga memiliki tulang melengkung, seperti cerita orang-orang tentang Richard. Penelitian radiokarbon memperlihatkan lelaki tersebut sering mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi, termasuk bahan-bahan dari laut. Kandungan itu menunjukkan jasad dahulu hidup bukan dari kalangan biasa.

Rangka tubuh Richard III ini akan kembali dimakamkan di Leicester, rumah bagi jasadnya selama lebih dari 500 tahun. Sejumlah pengagum Richard meminta agar jasad sang Raja dimakamkan di York.

Beberapa lainnya meminta jasad Richard III dimakamkan di Westminster Abbey atau Windsor Castle, persemayaman raja-raja lain Inggris.[WallStreet]

Related Posts

Misteri Jejak Makam Raja Richard III Terkuak
4/ 5
Oleh :

2 comments

konon kabarnya Raja Richard III tewas dengan cara yang mengerikan dan sesudah tewas jasadnya masih di tusuk-tusuk oleh lawannya...sadis

@BlogS of Hariyanto
Seperti cerita yang beredar Om. Sejarah Dunia suka juga ya Om?