February 20, 2013

FIFA Putuskan Penggunaan Teknologi Garis Gawang

FIFA Putuskan Penggunaan Teknologi Garis Gawang. Federasi Sepakbola Dunia melalui situs resminya FIFA, akhirnya memutuskan digunakannya teknologi garis gawang (Goal Line Technology-GLT). Teknologi ini akan diterapkan pada Piala Konfederasi 2013 dan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Penggunaan-Goal-Line-Technology-GLT

Teknologi ini sebelumnya telah diterapkan pada ajang Piala Dunia Antarklub di Jepang, Desember 2012 kemarin. Dua sistem yang digunakan saat itu, yakni Hawk Eye dan GoalRef dinilai cukup sukses meminimalisir terjadinya kontroversi terkait gol.

Tujuan digunakannya teknologi ini adalah untuk mendukung kinerja ofisial pertandingan serta meminimalisir terjadinya kontroversi

Baik Hawk Eye dan GoalRef sudah mendapat lisensi dari FIFA. Namun, kabarnya ada dua teknologi lain yang berfungsi sama yang dikembangkan di Jerman dan telah lolos dalam uji coba.

Dengan banyak teknologi yang siap membantu terciptanya pertandingan yang bersih, FIFA menjelaskan akan melakukan bidding terkait pemilihan teknologi mana yang akan digunakan nanti. Pengumumannya akan dilakukan pada April mendatang.

Desakan untuk menggunakan bantuan teknologi garis gawang, marak disuarakan berbagai pihak, menyusul sejumlah kejadian kontroversial pada Piala Dunia 2010 lalu.

Salah satu yang mendapat sorotan adalah ketika wasit tidak mengesahkan gol Frank Lampard ke gawang Jerman, meski dalam tayangan ulang terlihat jelas bola pantulan dari mistar hasil tendangan Lampard sudah melewati garis gawang.

Meski banyak yang mendukung pengaplikasikan teknologi tersebut, ada juga beberapa kalangan yang menolak diterapkannya garis gawang. Salah satunya adalah Presiden UEFA Michel Platini yang menilai, penggunaan teknologi garis gawang justru mengurangi nilai sepakbola

Related Posts

FIFA Putuskan Penggunaan Teknologi Garis Gawang
4/ 5
Oleh :

2 comments

silaturahmi sob...

keren nih.. biar ga ada ribut lagi masalah gol kontroversi...

@Edalogi
Biar ga ada ribut-ribut lagi Sob