December 26, 2012

Suplemen Vitamin C Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Turunkan-Tekanan-Darah
Suplemen Vitamin C Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi. Studi terbaru menemukan fakta menarik bahwa suplemen vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Dalam studi kajian itu, para ilmuwan menganalisis data dari 29 uji klinis yang berbeda dan sekitar 1.400 orang dewasa berusia 22 sampai 74.

Dosis rata-rata suplemen vitamin C yang diambil oleh peserta studi adalah 500 miligram sehari selama rata-rata periode delapan minggu. Pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi, tekanan darah sistolik (angka atas dalam pembacaan) turun hampir 5 poin, sementara tekanan diastolik (angka bawah) turun sekitar 1,7 poin.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa tekanan darah bisa turun dengan suplementasi vitamin C,” kata peneliti Edgar "Pete" R. Miller III, MD, PhD, dalam keterangan tulisnya seperti dilansir WebMD.

"Tapi sebelum kita dapat merekomendasikan suplemen sebagai pengobatan untuk tekanan darah tinggi, kita benar-benar membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memahami implikasi dari konsumsi vitamin tersebut,” kata Miller, seorang profesor di divisi kedokteran internal umum di Johns Hopkins School of Medicine di Baltimore.

Penelitian lain telah menunjukkan hubungan yang mungkin antara orang dengan asupan tinggi vitamin C, baik dari makanan atau suplemen dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Tetapi bukti efek dari uji klinis tersebut bercampur (mixed).

Hampir 1 dari 3 orang dewasa Amerika memiliki tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kondisi ini biasanya diobati dengan perubahan pola makan, olahraga, tidak merokok, menurunkan berat badan, dan obat-obatan.

Di seluruh studi melibatkan beberapa orang dewasa sehat dan lainnya memiliki tekanan darah tinggi mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis 500 miligram per hari tampaknya mengurangi tekanan darah sistolik hampir 4 poin dan tekanan diastolik sekitar 1,5 poin dalam waktu sekitar dua bulan.

Buah-buahan dan sayuran, terutama cabai merah, jeruk, grapefruit, dan kiwi, merupakan sumber makanan terbaik dari vitamin kaya antioksidan ini.

Wanita dewasa disarankan untuk mengasup 75 miligram vitamin C setiap hari, dan pria dewasa mendapatkan 90 miligram. Batasan konsumsi harian yang dipatok The Institute of Medicine maksimum yang dianggap aman adalah 2.000 miligram vitamin C untuk pria dan wanita dewasa.

Tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa banyak studi skala kecil, dan beberapa dari mereka, vitamin C dikonsumsi sebagai tambahan untuk mengobati tekanan darah. Studi itu belum menunjukkan bahwa suplemen adalah alternatif alami untuk obat tekanan rendah.[KMP.HLTH]

Related Posts

Suplemen Vitamin C Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi
4/ 5
Oleh :

2 comments

makasih ya infonya,

@Risman Solehudin
Sama-sama teman