November 12, 2012

Manfaat Pisang dan Brokoli Baik Untuk Pencernaan

Manfaat-Brokoli-dan-Pisang
Manfaat Pisang dan Brokoli Baik Untuk Pencernaan. Ekstrak dari Pisang dan Brokoli dapat membantu mengatasi masalah pada saluran pencernaan. Studi laboratorium menegaskan serat dari sayur mayur dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi perut.

Percobaan dilakukan untuk mengamati apakah
Ekstrak dari pisang dan brokoli dapat digunakan sebagai makanan medis (Medical Food) bagi pasien dengan penyakit Crohn's.

Penyakit Crohn's merupakan suatu penyakit peradangan usus yang menyebabkan gejala-gejala seperti diare dan nyeri pada perut. Penyakit ini disebabkan oleh campuran faktor genetik dan faktor lingkungan.


Kondisi ini sudah umum terjadi di negara-negara maju, di mana makanan mereka umumnya miskin akan serat karena banyaknya makanan yang diproses untuk siap saji.


Para ilmuwan di Universitas Liverpool mengamati secara kasar bagaimana pengaruh serat sayuran terhadap pergerakan bakteri berbahaya di dalam usus. Mereka menemukan bahwa serat dari tanaman jenis pisang dan brokoli memiliki efek menguntungkan pada usus. Namun stabiliser yang umumnya ditambahkan pada makanan olahan selama proses pengolahan memiliki efek sebaliknya.


Dr Barry Campbell, dari Universitas Liverpool mengungkapkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa komponen makanan yang berbeda dapat memiliki efek luar biasa pada pergerakan bakteri di usus.


"Kita tahu manfaat kesehatan mengonsumsi sayuran
pisang dan brokoli, yang keduanya kaya akan vitamin dan mineral, namun sampai kini kita tidak mengetahui bagaimana mereka dapat mendorong pertahanan alami tubuh terhadap infeksi yang lazim dialami pasien Crohn's," kata Campbell seperti dilansir BBC.

"Hasil riset ini kemungkinan penting bagi pasien dengan kondisi tersebut untuk mengonsumsi makanan sehat dan membatasi asupan makanan olahan," lanjutnya.


Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Gut, dan dilakukan secara bersama-sama oleh pakar dari Swedia dan Skotlandia, menginvestigasi sel-sel khusus, disebut M-cells, yang berada di dinding usus dan membatasi serangan bakteri.


Pekerjaan dilakukan di laboratorium dengan menumbuhkan sel-sel dan contoh jaringan dari pasien yang menjalani operasi karena masalah lambung.


Percobaan klinis dilakukan terhadap 76 pasien Crohn's untuk mencari tahu apakah makanan medis yang mengandung serat tanaman dapat membantu mengatasi penyakit tersebut.


Mengomentari studi tersebut, juru bicara dari Crohn's and Colitis, yang mewakili para pasien dengan gangguan peradangan usus, menyambut baik temuan itu tentang bagaimana dapat memerangi bakteri berbahaya di usus seperti E. Coli[KST]

Related Posts

Manfaat Pisang dan Brokoli Baik Untuk Pencernaan
4/ 5
Oleh :

10 comments

Anonymous delete 17:38

lebih suka sama pisang daripada brokoli :D

@Limit Post
Brokoli juga segar Sob

aku belum pernah nyoba brokoli.. :D

Anonymous delete 16:19

gak suka sayur mas :'(

..idem kayak di atas. aq juga lebih suka pisang, namun kalo brokoli, biasanya di bikin cap jay aja. he..86x ..

KY suka pisan..brokoli pun mkn juga tapi kurang gemar

@Unlimit -Soft
Brokoli kalau dimasak cap chay enak teman


@Limit Post
Biar sehat harus dimulai mengonsumsi teman

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥
Benar sekali itu Mbak Dhifa


@KY
Pisang manis ya KY, he....

my feberet tu broccoli n pisang :) jmput follow kmbali,ye :)

@QA's ~ mamapapa
Asupan yang baik teman