October 24, 2012

Foto Patung Lilin Bung Karno di Museum Madame Tussauds, Bangkok

Patung-lilin-Bung-Karno-di-Museum-Lilin-Madame-Tussauds-di Bangkok
Foto Patung Lilin Bung Karno di Museum Madame Tussauds, Bangkok. Proklamator RI, Ir. Soekarno, dianggap sebagai tokoh yang berpengaruh di dunia Internasional. Sampai-sampai Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand mengabadikan sosok Ir. Soekarno dalam sebuah patung lilin.

Peluncuran patung lilin Ir. Soekarno itu dilakukan di Bangkok, Senin, 24 September 2012, pukul 14.00 waktu setempat itu dihadiri oleh dua putrinya, yakni Megawati Soekarnoputri dan Sukmawati Soekarnoputri.


Patung-lilin-Bung-Karno-di-Museum-Lilin-Madame-Tussauds-di Bangkok_1
Patung-lilin-Bung-Karno-di-Museum-Lilin-Madame-Tussauds-di Bangkok_2

Menurut Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristianto, patung lilin Bung Karno itu dibuat sedetil dan sepersis mungkin dengan sosok pendiri bangsa Indonesia itu. Pihak Madame Tussauds, melakukan penelitian yang sangat mendalam tentang sosok Bung Karno sebelum membuat patungnya.


Patung-lilin-Bung-Karno-di-Museum-Lilin-Madame-Tussauds-di Bangkok_3

"Baik berdasarkan data yang dikumpulkan pada saat Bung Karno berada di Uni Soviet, di Amerika Serikat, maupun pada saat kunjungan ke PBB. Di luar itu ada sumber informasi yang diberikan keluarga besar Soekarno. Melalui penelitian yang mendalam akhirnya dapat diketahui data fisik Bung Karno, hingga warna kulit dan gambaran detail lainnya," beber Hasto.

Patung-lilin-Bung-Karno-di-Museum-Lilin-Madame-Tussauds-di Bangkok_5Patung-lilin-Bung-Karno-di-Museum-Lilin-Madame-Tussauds-di Bangkok_4
Karenanya figur yang ditampilkan dalam patung lilin itu adalah gambaran sosok Bung Karno saat menyampaikan pidato berjudul 'To Build A World a New' pada 30 September 1960 di depan Sidang Umum PBB. Patung itu dilengkapi dengan tongkat kebesaran Bung Karno berbahan kayu rampung yang didisain putra Megawati, Prananda Prabowo.


"Peci yang menjadi ciri khas Bung Karno secara khusus dipesankan oleh Puti Guntur Soekarno di Bandung, di penjahit khusus yang berdasarkan kesejarahan yang ada, menjadi tempat pemesanan peci yang biasa dipakai Bung Karno. Sedangkan Pakaian Bung Karno didisain oleh Samuel Wattimena," ucap Hasto.


Menurut Hasto, Megawati juga diberi kesempatan menyampaikan pidato pada peluncuran patung lilin Soekarno tersebut. Mengutip pidato Megawati, Hasto mengatakan, diharapkan banyak orang berkunjung ke Museum Madame Tussauds untuk lebih mengenal sosok Ir. Soekarno.


"Bukan hanya untuk melihat patung Bung Karno, tetap juga terinspirasi dengan kebijakan dan visi beliau terutama dalam mengembangkan dunia baru di mana perdamaian dan keadilan di atas segalanya" kata Hasto mengutip pidato Megawati.[SPB.C]

Related Posts

Foto Patung Lilin Bung Karno di Museum Madame Tussauds, Bangkok
4/ 5
Oleh :

2 comments

#cool patung BUng Karno melengkapi museum madame tussaud

Eh, aksesoris : baju, kopiah, tongkat dl...itu di bikin beneran tho? kirain juga dr bahan lilin totally.

@Ririe Khayan
Kami Bangga aja Mbak Rie, ada Patung Lilin Proklamator RI, Ir. Soekarno di Museum Madame Tussauds Bangkok, Thailand ini. Merdeka...