September 30, 2012

Makanan yang Dapat Meringankan Penderita Sinus

Penyakit-Sinus
Makanan yang Dapat Meringankan Penderita Sinus. Pada artikel Apakah Penyakit Sinusitis itu dijelaskan Sinusitis adalah sebuah peradangan di rongga sinus. Penyakit ini sering terjadi pada orang alergi terhadap pemicunya, seperti debu atau udara dingin.

Seseorang lebih berisiko mengalami sinus jika ia sering menderita flu, infeksi pernapasan oleh bakteri atau virus, patah hidung dan adanya polip di hidung.

Faktor-faktor lain seperti merokok, polusi air, penggunaan obat dekongestan (obat untuk meringankan hidung tersumbat), udara dingin, penyelam, penerbang dan berenang di dalam air yang tercemar juga dapat meningkatkan risiko.

Gejala yang muncul mirip dengan flu biasa yang sering terjadi pada musim hujan, seperti pilek, hidung tersumbat, hidung berlendir, demam dan sakit kepala (biasanya setelah bangun tidur), lendir berwarna kuning atau kehijauan, bau mulut, batuk, demam tinggi (di atas 39 derajat Celsius), sakit gigi, dan kurang peka terhadap rasa dan bau.

Infeksi sinus yang sudah sampai menyebabkan nyeri wajah, bengkak atau demam harus dievaluasi oleh dokter ahli untuk Pengobatan Sinusitis lebih lanjut.

Menurut Livestrong, ada nutrisi tertentu yang dapat membantu para penderita sinus, selain mengonsumsi air yang cukup, yaitu:

1. Nanas
Nanas dapat membantu mengurangi sinus karena mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu meringankan gejala sinus. Bromelain mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi inflamasi (radang) dan bengkak di bagian hidung. Ini didasarkan pada artikel yang dipublikasikan dalam Cellular and Molecular Life Sciences.

2. Yogurt
Yoghurt mengandung lactobacillus, yang merupakan probiotik (bakteri baik) yang dapat berkontribusi untuk mengurangi alergi sehingga tidak memperburuk infeksi sinus. Selain itu, probiotik dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Quercetin merupakan enzim dalam pigmen tumbuhan yang berperan terhadap warna dalam sayuran dan buah-buahan. Pigmen ini juga bertindak sebagai antihistamin. Quercetin ditemukan dalam buah bit, aprikot, selederi, apel, jeruk, brokoli, kecambah, ceri, kangkung, bayam, pir dan persik.

Dari beberapa hasil yang sudah dijalankan dengan mengonsumsi sayuran dan buah secara teratur, hasil yang didapatkan cukup memuaskan.[HLTL]

Related Posts

Makanan yang Dapat Meringankan Penderita Sinus
4/ 5
Oleh :

8 comments

artikel yang bermanfaat sekali, izin untuk mengshare ulang..

Salam Sahabat dari saya

@Darmawan Saputra
Silahkan teman. Salam juga dari Kami.

makasih sobat, atas info dan tipsnya :)

Cirebon-Cyber4rt
Sama-sama Teman.

wah wah saya ijin bookmark nih artikelnya sobat, sangat bermanfaat artikelnya sobat...

Mkasi infonya sob,,,

@Asis Sugianto
Silahkan Teman.


@Dzaman
Sama-sama Teman

Anonymous delete 17:41

makasih infonya .. sgt bermanfaat, sy kewalahan klo sinusitis nya kambuh .. huft...