August 4, 2012

Foto Temuan Makam Pangeran Suku Maya Mexico

Makam-Pangeran-Suku-Maya
Foto Temuan Makam Pangeran Suku Maya Mexico. Tidak ada habis-habis nya penelitian dilakukan para ahli terhadap semua peninggalan Suku Maya ini.

Arkeolog menemukan tulang belulang berumur 1300 tahun yang diduga merupakan pangeran suku Maya yang dimakamkan di kompleks kerajaan di kota tua Uxul, Meksiko, dekat dengan perbatasan Guatemala.

Tulang belulang dari pangeran tersebut ditemukan di dalam makamnya dalam posisi tidur dengan tangan terlipat di atas perut. Makam pangeran itu terletak 1,5 meter di bawah lantai kompleks kerajaan.

Ketika arkeolog mengarahkan kamera ke dalam makam, mereka menemukan keramik di bawah kaki dari tulang pangeran tersebut. Total, ada 9 keramik yang ditemukan, termasuk keramik dengan motif garis hitam khas Maya yang menutupi tengkorak. Di situs Maya, penemuan ini tergolong umum.

Makam-Pangeran-Suku-Maya_2Makam-Pangeran-Suku-Maya_1Keramik yang ditemukan memberi petunjuk individu yang dikubur. Terdapat tulisan "Ini adalah gelas minum dari seorang pria/pangeran muda".

Makam-Pangeran-Suku-Maya_3

Meski kemungkinan individu tersebut adalah seorang pangeran, ia tampaknya tidak akan memegang takhta pada masa itu. Alasan yang menguatkan, penanda status seperti batu giok tidak ditemukan.

Makam-Pangeran-Suku-Maya_5
Makam-Pangeran-Suku-Maya_4

Salah satu keramik memberi petunjuk waktu, yakni tahun 711 Masehi. "Mungkin gelas minum itu didedikasikan pada saat itu, dan jika kita berasumsi bahwa gelas itu milik seseorang yang mati pada umur 20 atau 25, kurang lebih bisa menentukan tanggalnya," kata Kai Delvendahl, direktur proyek penelitian University of Bonn seperti dikutip Livescience.

Penemuan makam ini bukan pertama kalinya di Uxul. Beberapa makam lain telah ditemukan.

Uxul adalah kota tua yang kini terletak di dalam hutan serta hanya bisa diakses selama 2 atau 3 bulan dalam setahun selama musim kering. Peneliti menemukan bukti bahwa Uxul dikuasasi oleh Dinasti Calakmul.

Penanda waktu pada gelas minum menunjukkan bahwa pria yang ditemukan dalam kubu itu meninggal 90 tahun setelah Dinasti Calakmul kehilangan kekuasannya di Uxul.

Related Posts

Foto Temuan Makam Pangeran Suku Maya Mexico
4/ 5
Oleh :

15 comments

penemuan yang hebat yah..
mereka terus menggali penelitiannya dengan semangat..
I like it..

pertamax gan . .waaa moga aja bisa terkuak misteri dibalik suku maya

Kota Uxul itu knp hanya bisa di akses selama 2 atau 3 bulan saja di musim kemarau ya? Apa saking lebatnya hutan tersebut ya

jadi tambah penasaran. Suku maya itu memang memiliki peradaban yang sangat maju yah pada waktu itu. Artifak2 di sekitar makam pangerannya pun terlihat bagus

@Lukman Hakim
Tidak ada hentinya penelitiannya Teman. Makasih

@cak oni
Mudah-mudahan Teman.


@Hzndi
Banyak perhitungan Suku Maya yang kita pergunakan dan dibukukan pada zaman sekarang ini Teman

Wah peninggalan sejarah yang akhirnya terungkap yach sobat, jadi tahu nih info mengenai suku maya sobat...

@Asis Sugianto
Buat Menambah pengetahuan aja teman

wah di mexico ada pangerannya juga z!

assalamu'alaikum...
kunjungan silaturahmi yaa sob....

lama memang gak main di blog sobat sekalian....
maklum cuma memakai jasa warnet.....
semoga persahabatan kita tetap terjalin yaa sob....

Keramiknya antik tuh sob, klo dilelang psti mahal.

@Ririe Khayan
Area nya sulit untuk ditaklukkan Mbak Ririe.


@Yoko Cool
Pangeran dari Suku Maya Teman

@[Edalogi]
Sama-sama Sobat. Amin


@Zevin
Harga nya sangat mahal Teman

wah hebat juga yah

@Hzndi
Iya teman, unik dan peradabannya sangat maju.