July 3, 2012

Pengertian dan Fungsi Dari Captcha

blogger_logo_Laurencius
Pengertian dan Fungsi Dari Captcha. Tidak bisa kita pungkiri kejahatan di Internet banyak terjadi, serangan dilakukan oleh pengguna Internet terhadap sistem komputer kita dengan menggunakan Software secara online.

Salah satu cara penyerangan secara online dilakukan dengan menggunakan bot (robot) karena dengan adanya bot ini, penyerangan yang dilakukan bisa dilakukan secara otomatis (bukan penyerangan manual oleh manusia).

Bot (robot) merupakan implementasi dari AI (Artificial Intellegence) atau yang bahasa Indonesianya adalah kecerdasan buatan. Oleh karena bot memiliki kemampuan yang seakan-akan bisa berpikir sendiri, tidak sedikit pengguna Internet yang memanfaatkan ini untuk merusak sistem komputer lain.

Mari kita ke pokok bahasan utama CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart). Pengertian Captcha menurut Wikipedia adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer.

blogger_Captcha_Laurencius

Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut.

Uji ini disebut sebagai uji Turing Balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, kebalikan dari uji Turing Standar yang biasanya dikelola oleh manusia dan ditujukan untuk suatu mesin.

Coba kita perhatikan tulisan yang ada pada image diatas 'Buktikan bahwa Anda bukan Robot' dengan kata lain Captcha ini efektif menghindari penyerangan yang dilakukan dengan menggunakan bot (robot) bukan dari manusia.

Program robot akan mengambil nilai variabel yang terdapat pada HTTP POST request dari form yang akan di submit sebelumnya dan mengirimkannya kembali secara berulang-ulang.

Dengan menggunakan captcha kita memang bisa meminimalisir terjadinya serangan dari bot (robot) terhadap blog atau Website kita. Namun begitu ada juga kekurangannya.

kita sebagai manusia tentunya akan merasa kurang nyaman dengan adanya captcha karena ketika kita akan mensubmit data berupa Comment yang kita isi, kita diharuskan untuk memverifikasi captcha yang ada pada formulir tersebut. Hal ini akan memperlambat kita dalam melakukan submitting data dari form yang telah kita isi.

Bagaimana teman-teman Pengertian dan Fungsi Pokok Dari Captcha itu sendiri, tergantung pada kita masing-masing menyikapinya. Sekali lagi perlu di ingat Captcha efektif menghindari perbuatan tidak baik dari sebuah Program Bot (robot) bukan serangan dari manusia yang sering meninggalkan Comment berupa Link.

Related Posts

Pengertian dan Fungsi Dari Captcha
4/ 5
Oleh :

8 comments

Dapat pengetahuan baru mengenai captha ini sahabat...saya tetapi tidak menggunakannya, memang seringkali mendapat spam. Tetapi bila memang SPAM saya hapus sahabat

Refrensi baru nih.
thanks infonya kawan!

@Ferry Nurse
Kalau Spam seperti itu kita bisa hapus Teman, tapi kalau SPAM yang dilakukan menggunakan bot (robot) selesai juga Urusannya.


@Haqiqi Softing
Bukan baru sobat, hanya sekedar menekankan tujuannya aja.

Wah bru thu nch gan ... terima kasih bnyak

@Limit Komputer
Baru sih ga teman, hanya Upload ulang aja.

trimksh infonya, bermanfaat. ijin share

@soni
Silahkan Teman

trim infonya sob.......