July 28, 2012

Pengertian Dan Fungsi Captcha - Lanjutan

Google-captcha
Pengertian Dan Fungsi Captcha - Lanjutan. Ini adalah artikel lanjutan dari Pengertian dan Fungsi Dari Captcha yang pernah Laurencius Share. Apaan sih huruf-huruf disamping itu, dan apa gunanya? Gambar huruf kacau balau itu disebut CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart).

Ini adalah salah satu penerapan metode Turing Test yang digagas oleh Alan Turing di tahun 1950. Gunanya untuk memastikan bahwa pengisi formulir adalah benar-benar seorang manusia.

Sebelum ada CAPTCHA, spammer/hacker dapat membuat program untuk secara otomatis mengisi formulir seperti pendaftaran email gratis, sehingga ia akan memperoleh ribuan alamat email dengan mudah untuk kemudian disalah-gunakan. Atau untuk mengubah hasil sebuah polling online.

Seseorang bisa saja membuat program sederhana untuk mengisi polling tersebut dengan jawaban yang sama sebanyak ribuan atau bahkan jutaan kali. Akibatnya polling itu tentu saja menjadi tidak valid.

Untuk mencegah program seperti itu, kini semua formulir akan menampilkan CAPTCHA berupa gambar huruf-huruf bengkok atau saling menyambung yang sukar dibaca oleh program atau komputer, namun (relatif) mudah dibaca manusia.

Jika isian dari pengisi formulir sesuai dengan gambar yang ditampilkan, maka kemungkinan besar pengisi formulir adalah seorang manusia, bukan program komputer.

CAPTCHA biasanya dibuat secara otomatis secara acak setiap kali ada orang yang masuk halaman formulir di web, sehingga hampir tidak ada dua CAPTCHA yang serupa. Ini membuat jumlah kombinasi yang mungkin muncul sangat-sangat banyak, sehingga hampir tidak mungkin untuk membuat program yang mampu mengingat dan menjawab CAPTCHA yang akan muncul.

Selain CAPTCHA visual yang sering kita jumpai, ada juga versi audio bagi penyandang cacat mata, dengan prinsip kerja kurang lebih sama. Saat ini ada inisiatif untuk memanfaatka CAPTCHA untuk tujuan positif.

Untuk menyelamatkan arsip-arsip penting didunia, di banyak negara kini ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengubah format arsip yang sudah ada (buku, dokumen tercetak) ke format digital (file komputer).

Dua kendala utama yang muncul adalah banyaknya jumlah arsip yang tersimpan selama ratusan tahun, serta kualitas cetakan yang buruk sehingga hasil scan-nya sukar dikenali oleh komputer. 

Untuk mengatasinya kini muncul re-CAPTCHA, sebuah sistem yang bekerja sama dengan Google Books dan The Internet Archive, dimana hasil scan arsip yang gagal dibaca komputer dimunculkan sebagai CAPTCHA, lalu hasil isian itu dianggap sebagai teks yang hilang/tak terbaca. 

Agar yakin teks itu benar, biasanya tidak hanya satu jawaban yang dipakai, melainkan hingga sepuluh atau lebih jawaban yang sama. Ini menjadi solusi bagi semua pihak. 

Jadi saat mengisi formulir di website yang bekerja sama dengan re-CAPTCHA, Kita sudah turut membantu menyelamatkan arsip dunia bagi anak cucu kita semua. Sayangnya setelah diimplementasikan sekian tahun, sistem CAPTCHA sudah mulai menunjukkan beberapa kelemahan.

Perkembangan hardware dan software membuatnya tidak lagi terlalu sukar untuk dipecahkan oleh program. Apalagi kini muncul perusahaan-perusahaan di dunia ketiga yang bersedia memecahkan CAPTCHA dengan biaya yang sangat murah. DeCaptcher.com bersedia memecahkan CAPTCHA dengan hanya US$2 per 1000 CAPTCHA.

Untuk mengatasinya, saat ini beberapa pihak seperti Universitas Carnegie Mellon dan Penn State sedang mengembangkan CAPTCHA yang berbasis gambar, bukan lagi huruf.

Ini menjadi solusi bagi semua pihak. Bagi pemilik web dengan formulir, ia mendapat CAPTCHA yang sudah tidak bisa dikenali oleh komputer super canggih yang dipakai untuk proses digitalisasi arsip, sehingga hacker juga kesulitan membuat program yang mampu membacanya.

Bagi pihak pengubah format arsip, dengan begitu banyaknya formulir yang diisi di seluruh dunia tiap harinya, re-CAPTCHA dapat membantu digitalisasi arsip dengan cepat dan gratis. 

Bagaimana Teman-teman semua apakah sekarang masih ada prasangka buruk tentang kerja Online dengan mengetikkan Chaptcha.

Related Posts

Pengertian Dan Fungsi Captcha - Lanjutan
4/ 5
Oleh :

26 comments

pertamax gan . .
nice share sob . .
support gan
izin menyimak dulu ya

@cak oni
Makasih Teman

insya Allah tidak ada prasangka buruk pd merek..

Terima kaish banyak untuk artikelnya sobat dan ini sangat membantu sekali dalam pengenalan Captcha lebih jauh sobat...

Trims sob share info nya :)
Salam knal...sukses slalu :)

@Lukman Hakim
Makasih Sobat. Salam


@Asis Sugianto
Sama-sama teman.

@budi os 19
Salam kenal juga dari kami Teman

Owh,,, jadi seperti itu to??? nice inpo Gan... hehe
Hadir perdana di sini, ditunggu lawatan baliknya Sob, Thanks, Salam bLogger

@Arifin eL-faQir
Salam juga dari kami teman

oooh, pantesan lah, skarang captcha ada yg pake gambar. ternyata supaya securitynya makin mantab....
sip gan, makasih udah share... :)

@Achmed Islamic Hernawan
Tujuan dasarnya seperti itu sobat.

Aku paling benci dgn CAPTCHA.
Soalnya kadang klo lg gk beruntung, sampai lebih dri satu kali baru bener.

Follback ya sob :)

salah satu cara proteksi blog dari spam dan hacker yang pake captcha, meskipun kadang captcha dianggap menghambat untuk memberi koment..sehingga banyak blogger yang menghilangkan captcha dari blog-nya....termasuk saya :)

@Zevin
Namanya juga usaha Sob

@BlogS of Hariyanto
Benar sekali itu Om.
Mudah-mudahan para blogger tidak berprasangka buruk tentang kerja Online dengan mengetikkan Chaptcha itu Om.

Padahal itu demi keamanan.

wihh tambah keren aja .

wow gk yangka ternyata captcha udah ada sejak tahun 1950, makasih sob untuk ilmu nya.....^_^

wah... ternyata captcha itu sangat berguna ya...

untuk menyelamatkan arsip dunia yang penting..

@Candra
Makasih Teman


@Seniman fotografi
Seperti itu lah kenyataannya teman

@yusrandante
Sekilas info aja Sobat, biar jangan ada prasangka buruk tentang kerja Online dengan mengetikkan Chaptcha.

informasi yang berguna,,, hehehe oia saya boleh minta tolong gak gan? saya mohon dukunganne dengan berkomentar di artikel lomba yang saya ikuti. link artikel ombanya saya pasang di sebelah kanan atas blog saya. silahkan pilih artikel mana yang ingin agan komen. terima kasih ya gan atas bantuanne sebelumnya. salam sukses

@CERITA-CERITA
Langsung ke TKP teman.

indahnya silaturrahmi..
saatnya sahur, mari kita sahur sob..:)

@Lukman Hakim
ALHAMDULILLAH sudah di ingatkan Sahabat, Makasih

klo gak ada capcai, serangan DDOS pasti akan muncul dimana-mana...

Cendekiawan IT

@Davin Setiya Budi
Benar sekali itu Teman. tapi kita enggan juga menggunakannya.