June 5, 2016

Petinju Lagendaris Muhammad Ali Muslim Hitam

Petinju Lagendaris dunia Cassius Marcellus Clay Jr, lebih dikenal dengan nama Muhammad Ali, meninggal dunia hari Sabtu 4 Juni 2016 di RS di Pheonix Arizona (Usia 74 tahun). Sepanjang hidupnya, Muhammad Ali dikenal sebagai sosok kontroversial dengan tingkah laku dan omongan angkuh bagi lawan-lawannya.

Muhammad_Ali

Semua kelakuannya, Agama dianut Muhammad Ali mungkin merupakan bagian paling banyak diperdebatkan dalam hidup petinju kenamaan ini. Muhammad Ali merupakan salah satu tokoh berpengaruh yang berpindah keyakinan dari Kristen ke Islam pada abad ke-20.

muhammad-ali-islam

Saat mengganti namanya dari Cassius Clay menjadi Muhammad Ali pada 1964, tokoh karismatik itu tidak hanya menimbulkan kegemparan, tapi juga memperkuat hubungannya dengan umat Muslim Amerika Serikat (AS) dan dunia.

Untuk lebih mengenal Sang lagendaris Muhammad Ali baca Mengenang Perjalanan Karier Petinju Muhammad Ali dan juga Mengenang Perjalanan Karier Muhammad Ali - Lanjutan

“Mereka menyebutnya Muslim Hitam,” kata Ali yang saat itu berusia 22 tahun. “Ini adalah julukan dari pers, bukan nama yang sah. Tapi Islam adalah sebuah agama dan ada 750 juta orang di dunia ini yang mempercayainya, dan saya salah satu di antaranya,” tegasnya sebagaimana dilansir IB Times, Sabtu, (4/6/2016).

Muhammad Ali merupakan tokoh besar kulit hitam di Amerika yang mampu memberi perubahan stigma negatif akan keberadaan ras negro di Amerika Serikat. Tahun 1964 ia menjadi mualaf masuk islam dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali. Muhamad Ali melaksanakan ibadah haji pada 1972 dan mencium  Hajar Aswar

Sepanjang hidupnya Muhammad Ali terus berjuang untuk mempromosikan Islam damai. Dia bahkan menolak untuk bergabung dengan militer pada Perang Vietnam karena menolak membunuh dan mengatakan,“Saya tidak memiliki masalah dengan Viet Cong.”

Related Posts

Petinju Lagendaris Muhammad Ali Muslim Hitam
4/ 5
Oleh :