May 18, 2012

Foto Penggalian Baru Suku Maya Ungkap Rahasia Kalender Kiamat

Penggalian_Baru_Suku_Maya
Foto Penggalian Baru Suku Maya Ungkap Rahasia Kalender Kiamat. Pembahasan peradaban tentang Suku Maya atau Bangsa Maya ini tidak ada habis-habisnya untuk dikaji.

Baru-baru ini ditemukan lagi rahasia kalender Suku Maya, termasuk berpakaian hitam angka dan simbol yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Kota besar yang dibangun oleh peradaban suku Maya kuno dan ditemukan hampir satu abad lalu di Guatemala akhirnya membuka tabir rahasianya.

Penggalian kali pertama di kompleks luas Xultzn di wilayah Peten, Guatemala menghasilkan temuan baru. Para arkeolog menemukan struktur yang tampak seperti ruang kerja bagi para juru tulis kota.

Penggalian_Baru_Suku_Maya_2Penggalian_Baru_Suku_Maya_1





Klik Gambar Untuk lebih rinci

Ratusan angka yang ditulis berantakan diprediksi memiliki kaitan dengan kalender Maya. Lukisan ini menjadi temuan seni Maya pertama yang tampak di tembok rumah.

Satu dinding dari struktur itu diperkirakan sebuah rumah. Material penutup tidak pernah terlihat di beberapa situs Maya lainnya.

Penggalian_Baru_Suku_Maya_4
Penggalian_Baru_Suku_Maya_3




Klik Gambar Untuk Detail

Beberapa coretan menunjukkan berbagai siklus kalender  yang dibuat suku Maya. Kalender itu terdiri dari kalender perayaan 260 hari, kalender matahari 365 hari, siklus planet Venus 584 hari, dan siklus harian Mars 780 hari.

Empat angka panjang pada dinding utara di reruntuhan rumah itu terkait dengan kalender Maya. Komputasi bulan, matahari, dan kemungkinan Venus serta Mars juga termuat di dalamnya.

Penggalian_Baru_Suku_Maya_5
Penggalian_Baru_Suku_Maya_6
Klik Gambar Untuk Memperbesar

Kolom pertama menuliskan 1.195.740 hari. Kedua, 341.640 hari. Ketiga, 2.448.420 hari. Keempat, 1.765.140 hari.

Tanggal yang tertulis memiliki rentang waktu berkisar 7.000 tahun hingga menuju masa depan. Arkeolog Maya menemukan kalkulasi pertama tabulasi semua siklus menggunakan cara ini. Makna tepat yang menjelaskan rentang waktu ini belum diketahui.

Arkeolog William Saturno dari Universitas Boston, Amerika Serikat mengatakan, "Untuk pertama kalinya kami bisa melihat catatan yang sepertinya disimpan oleh juru tulis. Tugasnya adalah mencatat sejarah komunitas Maya secara resmi."

Para ilmuwan mengatakan tidak ada tanda-tanda kalender Maya berakhir pada 2012, seperti tanda yang telah menjadi prediksi kiamat. Ini hanya siklus kalender semata.

Profesor Astronomi dan Antropologi Universitas Colgate, Anthony Aveni menggambarkan, "Ini seperti odometer pada mobil, kalender Maya bergulir dari 120.000 menjadi 130.000."

Prasasti Maya yang ditemukan di kuil seperti Tortuguero menjadi rujukan hari akhir dunia. Teori konspirasi banyak beredar di internet memperkirakan bumi akan ditelan lubang hitam, terkena hantaman asteroid, dan dimakan dewa-dewa kuno. Tapi, keturunan Maya membantah prediksi kiamat yang dianut pemikiran Barat.

Kalender itu menunjukkan permulaan era baru, bukan akhir dunia. Prediksi kiamat merujuk pada akhir siklus 5.125 tahun sejak permulaan kalender Long Count Maya pada 3113 SM

Sumber :  Dailymail.co.uk

Related Posts

Foto Penggalian Baru Suku Maya Ungkap Rahasia Kalender Kiamat
4/ 5
Oleh :

21 comments

Info yang bermanfaat sob, terima kasih ya

@Imtikhan
Sama-sama Sobat

wow, berarti pada jaman itu iptek udah sangat maju ya sob :D

sangat menarik untuk di simak nih

wah, ternyata udah sampai segitu ya peradaban suku Maya... nice inpho bos... ^_^

apa betul suku ini memprediksikan kiamat sobat...

@Stupid monkey
Beberapa penelitian seperti itu Sobat

@cik awi
Makasih Sobat

@Davin Mboir
Sama-sama Sobat.

@Asis Sugianto
Kalau prediksikan kiamat langsung tidak ada Sobat.
Semuanya hanya Praduga para Ilmuwan semata.

Bangsa Maya menyimpan banyak rahasia ilmu pengetahuan, yang semakin membuktikan betapa tingkat teknologinya sudah maju pesat. Salah satunya sudah pencatatan kalender matahari 365 hari, siklus planet Venus 584 hari, dan siklus harian Mars 780 hari. Dan kalender matahri sekarang kita gunakan sebagai penanggaan MAsehi yg lebih lazim dipakai dalam keseharian

@Ririe Khayan
Ternyata Mbak Ririe mengikuti Juga Misteri Ilmu Pengetahuan Suku Maya ini. Kalau yang sudah di bukukan sudah banyak Mbak.
Suku Maya atau Bangsa Maya ini sangat terkenal dengan Ilmu Hitung nya.

artikelnya menarikdan detail jadi ga sekedar bercerita tentang mitosnya saja.. thanks ya

Kunjungan akhir pekan sobat.... :)

@Kirana
Peninggalan Suku Maya atau Bangsa Maya ini sebenarnya lebih cenderung kepada Ilmiahnya Mbak dari pada ke Mitosnya.

@Imtikhan
Makasih Sobat.

ternyata jaman dulu jg udh pda canggih n pinter2 yh ?? :)

Selalu hadir disini sob :)

gk tau ni sob mana yg benar... cz yg sy baca katax para erkeolog mengatakan suku maya tdk meramalkan kiamat.....?

@Aldio
Beberapa peninggalan Suku tertentu menunjukkan Technology yang sangat tinggi Sob, terutama Suku Maya atau Bangsa Maya ini.

@Imtikhan
Makasih Teman

@Rohis Facebook
Prediksi awal dari Para Ahli Arkeolog merujuk pada temuan dari Suku Maya atau Bangsa Maya ini seperti itu Sobat.

Sebenarnya setelah dikaji ulang Prediksi itu Salah, karena lanjutan dari perhitungan itu naskahnya diketemukan lagi.

Benar2 Misterius Bangsa Maya ini sob...

@Master Software Mobile
Iya Sob, senang aja sama Ilmu Technology nya